Tuesday, March 20, 2018

Belajar dari Kisah Yusuf di Alkitab


"Tetapi sekarang, janganlah bersusah hati dan janganlah menyesali diri, karena kamu menjual aku ke sini, sebab untuk memelihara kehidupanlah Allah menyuruh aku mendahului kamu."

Kejadian 45 : 5

Ini adalah cerita alkitab yang paling saya suka, dan paling nancep di kepala. Dulu jaman lulus SMA dan nganggur setaun kerjaan saya baca alkitab terutama cerita Abraham dan Yusuf.

*Musti nganggur dulu biar baca alkitab :)

Jadi intinya cerita Yusuf ini lengket banget sama kehidupan saya, bisa dibilang jadi salah satu patokan saya ngejalanin hidup saya. Karena ceritanya sendiri cukup realistis walopun agak-agak drama.

Si Yusuf ini orangnya seneng NGIMPI, ngimpi ini itu, dan salahnya pas dia omongin ke sodara2nya malah disangka ni anak humble brag karena di mimpinya dia bilang dia jadi pemimpin buat abang2nya. Mustinya pendem aja napa.

Ampe akhirnya sodaranya pada kesel dan dengan berbagai trik akhirnya Yusuf dijual dan hilang ke negeri antah berantah. Kisah yang paling jelas selanjutnya ya dia dibeli sama Potifar dan tiba-tiba masuk penjara karena kasus ama Istri Potifar. Jadi kalo kaya jaman sekarang mah ini ada istrinya si bos naksir ama si Yusuf terus ngajak si Yusuf ehm..ehmm tapi si Yusufnya kaga mau, akhirnya istri si Bos marah dan ngelakuin segala cara supaya si Yusuf masuk penjara. Sinetron beud ya.

Di Penjara ini si Yusuf kelakuannya baik, jadi dikasih kepercayaan gitu ama Kepala Penjara buat bantu2 gitu kayanya, ampe akhirnya ketemu Juru Minum dan Juru Roti. Nah ada kisah di penjara, kalo si Juru Minum dan Juru Roti bermimpi ampe muram mukanya, terus Yusuf liat dan kepo, akhirnya mereka cerita mimpinya ke Yusuf

Yusuf bisa nerjemahin mimpi mereka, mungkin nerjemahin mimpi ini jadi salah satu skill yang dilatih ama si Yusuf. Terjemahan mimpinya sih intinya dalam 3 hari si Juru Minum bakal keluar dari penjara dan bakal diangkat kembali ama raja, dan kalo si Juru Roti malah sebaliknya, dia bakal dipancung ama raja.

Ga kebayang itu si juru roti dikasih arti yang segitu jeleknya, kaga marah apa ya dia.ha

Yang menariknya adalah Yusuf sempet ngomong gini ama si Juru Minum :

"Tetapi, ingatlah kepadaku, apabila keadaanmu telah baik nanti, tunjukkanlah terima kasihmu kepadaku dengan menceritakan hal ihwalku kepada Firaun dan tolonglah keluarkan aku dari rumah ini. "

Kejadian 40 : 14

Disini Yusuf kaya promosiin dirinya, nih saya punya skill nerjemahin mimpi lho, kalo tar keluar dan ketemu Firaun tolong promosiin saya ya. Karena jaman itu belum ada instagram buat pamer keahlian, atau Behance / Linkedin buat pasang CV. Eh taunya si Juru Minum malah lupa, gitu ya kalo uda bebas mah suka lupa :)

"Tetapi Yusuf tidaklah diingat oleh kepala juru minuman itu, melainkan dilupakannya"

Kejadian 40 : 23

pict : http://smartandrelentless.com/josephs-dreams-infographic/

Sampe suatu hari kejadianlah Firaun yang bermimpi, gada yg bisa nerangin arti mimpinya tuh, trus si Juru Minum baru nyadar tuh dia punya kenalan yang jago banget nerjemahin mimpi

Lalu berkatalah kepala juru minuman kepada Firaun: "Hari ini aku merasa perlu menyebutkan kesalahanku yang dahulu"

Kejadian 41 : 9

Dari sinilah akhirnya Yusuf dipanggil keluar dari penjara dan langsung naik melesat tinggi mendapatkan klien gedenya yaitu Firaun, dan dengan skill dan penyertaan Tuhan, dia bisa nerjemahin mimpi Firaun dengan mudah, dan dari kejadian itu yang terjadi adalah Yusuf malah dikasih kepercayaan penuh untuk mengelola semua kebutuhan negeri itu. Kisahnya bener2 from Zero to Hero. Ga ngerti dah segitunya Firaun bisa langsung kasih kepercayaan untuk manajamen sebuah negeri yang besar ke mantan napi, bukannya dia pasti punya tuh manager2 handal yang uda menjabat. Tapi itulah ceritanya.

Beberapa hal yang sangat menginspirasi buat saya :

Ga pasrah tapi tekun upgrade diri

Biarpun Yusuf ngalamin hal2 berat, ga salah tapi sampe dipenjara, ga bikin dia males atau pasrah, yang ada dia malah terus dan terus2an ngelatih semua potensi yang dia bisa. Yang saya liat selain dia membangun hubungan dengan Tuhan yang baik, dia melatih kemampuan manajerial dia, keliatan dari beberapa kejadian dimana dia dipercaya Potifar ampe Kepala Penjara untuk beberapa urusan yang sifatnya Manajerial ( Mengelola )

Bergaul

Ga perlu koneksi gila2an buat Yusuf bisa dapet klien sebesar Firaun, cukup Juru Minum, siapa sih juru minum? orang biasa itu, kalo di perusahaan mungkin bisa dibilang OB nya lah. Tapi gara2 orang kecil itulah kehidupan Yusuf berubah, tapi ada syaratnya, sebelum kesempatan datang, Yusuf musti terus2an berlatih tekun mengembangkan kemampuan dia. Jadi pas ada kesempatan besar dia uda siap

Memaafkan

Dan yang terpenting di kisah terakhir di cerita Yusuf ini ada cerita yang cukup drama dan agak nangis bombay, dimana akhirnya kejadian tuh mimpi2 dia pas muda, dimana bener semua abang2nya malah bertekuk lutut sujud ama Yusuf. Setelah jadi orang berkuasa Yusuf tidak memilih untuk membalas dendam abang2nya, malah dia mengangkat hidup semua keluarganya, dan memilih untuk memaafkan semua kejadian yang dia alami.

--

So buat kamu-kamu yang ketemu Firaun, jangan lupain saya ye!





2 comments:

  1. yusuf jaman now ya ini nih..
    don't give up on your dream :)

    ReplyDelete
  2. prinsipnya ternyata sama mitt, bantu sundul ya gan :)

    ReplyDelete